Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label / Kategori Artikel

Ibarat sebuah buku yang terdiri dari beberapa pembahasan dan bab-bab di dalamnya, maka sangatlah diperlukan sebuah daftar isi untuk memudahkan pembaca dalam menemukan topik yang diinginkan berada di halman berapa. Begitu pula dengan sebuah blog, untuk memudahkan pengunjung blog dalam menemukan artikel / postingan yang ada dalam blog kita,

Software Website Toko Onlinemaka juga diperlukan sebuah halaman khusus untuk membuat daftar isi blog. Selain bisa memudahkan pengunjung dalam menemukan artikel yang ingin dia baca di blog kita, juga dengan adanya daftar isi di sebuah blog akan menampilkan kesan rapih, tertata dan terurusnya sebuah blog. Dan tentunya ini sebuah hal yang bagus untuk reputasi sebuah blog di mata pengunjung.

Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label

Dan di artikel kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara membuat daftar isi simpel alias sederhana namun tetap powerfull. Daftar isinya disusun secara otomatis mengikuti script berdasarkan label / kategori dari setiap artikel yang telah dipublikasikan. Jadi agar artikelnya bisa tampil di halaman daftar isi, maka terlebih dahulu ketika menulis artikel harus dibuat terlebih dahulu pelabelannya di menu setelan entri (halaman posting).

Oke tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah cara sederhana untuk membuat daftar isi berdasarkan label.
1. Copy semua kode di bawah ini.
<script src="http://digital-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript">
</script>
<script src="http://www.bangrusman.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>
 Note: Ganti tulisan berwarna merah dengan URL link alamat blog sobat.
 
2. Setelah dicopy, login ke akun blogger sobat. Kemudian setelah masuk dashboard, pilih menu Page / laman, klik tombol laman baru. Laman ini yang nantinya akan kita pasangi script di atas yang telah dicopy tadi.

Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label


3. Setelahnya akan muncul halaman posting. Arahkan pandangan pada sudut kir atas halaman posting, klik pada pilihan mode tulis HTML, jangan yang mode Compose. Isi bagian judul dengan "Daftar Isi" / Daftar Artikel, dsb. Kemudian paste kode / script tadi di halaman posting yang tersedia.  Jika sudah, klik tombol Publikasikan.

4. Silahkan bisa sobat coba cek bagaimana hasilnya di blog sobat sendiri. Untuk demonya sendiri di blog ini bisa dicek DI SINI.

Hasilnya cukup sederhana namun tetap terlihat rapih dan tertata dengan baik. Setiap artikel dikelompokkan pada labelnya masing-masing. Dan tampilan ini pun cukup powerfull karena bisa membantu visitor untuk menemukan artikel-artikel kita yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar